Ilustrasi Aktifitas Gunung Berapi. (AHMAD RIFA'I / BERITA PANTURA)

Gunung Merapi Kembali Mengeluarkan Lava Pijar

Jateng, Boyolali — Gunung Merapi kembali mengeluarkan 52 kali lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter dari puncak. Jumlah tersebut terhitung sejak Minggu, 4 Juli 2021, pukul 18.00 WIB hingga Senin, 5 Juli 2021, pukul 06.00 WIB

 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Alzwar Nurmanaji menjelaskan, guguran lava pijar tersebut 36 kali mengarah ke barat daya. Jarak luncur maksimal 1.800 meter dari puncak.

 

“Sedangkan yang mengarah ke tenggara, tercatat sebanyak 16 kali dan jarak luncur maksimal 1.500 meter,” ungkap Alzwar, dilansir dari mediaindonesia.com.

 

Sedangkan awan panas guguran, imbuhnya, tercatat sebanyak tiga kali. Dengan jarak luncur maksimal 1.300 meter dari puncak mengarah ke tenggara dan barat daya.

 

“Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100 m di atas puncak kawah,” katanya.

 

Sedangkan aktivitas vulkanik lainnya berupa kegempaan, tercatat sebanyak 161 kli dengan amplitudo yang berkisar antara 3 milimeter hingga 38 milimeter dan durasi maksimal 127 detik.

 

Kemudian kegempaan awan panas guguran terjadi sebayak 3 kali dengan amplitudo maksimal 55 milimeter dan durasi maksimal 97 detik, kegempaan hembusan sebanyak 12 kali, kegempaan fase banyak atau hybrid 19 kali, low frequency 1 kali serta vulkanik dangkal 2 kali.

 

“Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah Sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak,” bebernya. (ahr)

BACA JUGA  Heboh, Muncul Dugaan Pungli Pemakaman Jenazah COVID-19 di Solo

Check Also

Ilustrasi : Gunung Merapi Terpantau Mengeluarkan Awan Panas. (IRFAN / BERITA PANTURA)

Kondisi Terkini Merapi Yang Masih Keluarkan Awan Panas

DIY, Sleman – Sejak 5 November 2020 Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *