Para Pemain inggris merayakan gol. (Aljazeera)

Piala Eropa : Inggris Resmi Jadi Lawan Italia di Final

Olahraga, Sepak Bola – Inggris resmi menjadi penantang Italia di partai final Euro 2020. Pasukan The Three Lions melaju ke partai puncak setelah mengalahkan timnas Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Laga tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London. Inggris sukses meraih kemenangan dengan unggul 2-1 atas tim Dinamit setalah masuk babak tambahan waktu.

Jalannya pertandingan Inggris vs Denmark Timnas Inggris dan Denmark masing-masing menerapkan formasi andalannya untuk laga semifinal Euro 2020 ini. Inggris menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Bukayo Saka yang kembali tampil di sisi kanan penyerangan Three Lions, setelah sempat mengalami cedera ringan. Saka yang berusia 19 tahun lebih 305 hari merupakan pemain Inggris termuda di semifinal turnamen besar antar negara.

Adapun timnas Denmark menerapkan formasi 3-4-3 dengan Jens Stryger Larsen dan Joakim Maehle menjadi senjata di area wing back, lalu Dolberg sebagai ujung tombak.

TImnas Inggris yang memiliki skuad mewah langsung menunjukkan dominasinya atas Denmark sejak awal babak pertama.

Namun Tim Dinamit unggul lebih dulu lewat eksekusi tembakan bebas Mikkel Damsgaard di menit ke-30. The Three Lions berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-39 lewat bunuh diri Simon Kjaer.

Skor tersebut bertahan selama 90 menit dan laga terpaksa lanjut ke tambahan 2×15 menit. Di menit ke-104, Inggris mendapat hadiah penalti setelah VAR menilai Raheem Sterling dilanggar.

Harry Kane maju sebagai eksekutor. Bola tembakannya berhasil ditepis Kasper Schmeichel, namun Kane dengan cepat menyambar bola yang mentah dan membawa Inggris menciptakan sejarah baru.      360p geselecteerd als afspeelkwalite

Perjalanan terjauh Inggris di pentas Eropa sebelumnya adalah semifinal. Mereka gagal ke laga puncak saat menjadi tuan rumah Euro 1996 setelah kalah adu penalti dari Jerman.

BACA JUGA  PPKM Mikro Darurat Akan Diterapkan

Jika merujuk skala Piala Dunia, Inggris mampu satu kali menjadi juara. Mereka meraihnya pada 1966 sebagai tuan rumah dengan mengalahkan Jerman 4-2 lewat perpanjangan waktu.

“Saya sangat bangga dengan para pemain. Ini adalah kesempatan yang luar biasa. Para suporter sangat luar biasa malam ini,” kata Southgate seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

Ia juga menambahkan, bahwa dirinya selalu memotivasi pemain untuk menampilkan kekuatan terbaiknya.

“Kami mengatakan kepada para pemain bahwa semua harus menunjukkan kekuatan, pemain harus berkembang dan kami melakukan itu,” tegasnya.

Inggris di laga final berhadapan dengan Italia. Duel berlangsung di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. (ahr)

 

 

Check Also

Italia Juara Piala Eropa 2020, Berikut Daftar Negara yang Pernah Juara

Olahraga, Sepak Bola – Tim Nasional Sepak Bola Italia berhasil tampil menjadi juara Piala Eropa 2020. Berlangsung …

Gerard Pique : Italia Menang Beruntung

Olahraga, Sepak Bola – Gerard Pique kesal setelah timnas Italia menjadi penendang penalti pertama dibabak adu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *