RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang. (foto : halodoc)

Stok Oksigen di Rumah Sakit Kota Semarang Relatif Aman

Jateng, Semarang – Stok oksigen sejumlah rumah sakit di Kota Semarang untuk pasien Covid-19 dapat dipastikan aman. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro dalam setiap harinya mampu menyediakan 16.000 liter oksigen untuk pasien.

Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro, Susi Herawati menjelaskan bahwa sampai sejauh ini oksigen untuk pasien di rumah sakitnya masih cukup karena setiap hari dipasok. Sehigga, 16.000 liter dalam sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan pasien.

Sedangkan untuk kebutuhan pasien Covid-19 Susi menyebutkan rumah sakitnya memiliki pasokan sebanyak 19.000 liter.

“Kami punya 3 tabung, 1 tabung isi 10.000 liter, 2 tabung masing masing isi 4.500 liter. Kalau penuh kami punya 19.000 liter,” ujarnya

Susi menuturkan jika RSUD Wongsonegoro sudah bekerja sama dengan pihak supplier dan distributor serta berkoordinasi dengan satgas untuk menjamin stok oksigen aman. Bahkan pihak rumah sakit juga menyewa tangki untuk memastikan stok oksigen terpenuhi.

“Kita kerja sama dengan PT Langgeng dan Samator, serta dibantu provinsi untuk menjaga konsistensi dan komitmen. Kita monitor terus dan kalau ada kebutuhan kita sewa tangki.. Kita komunikasi terus dengan Satgas Oksigen,” ujar Susi.

Rumah sakit di Kota Semarang pada saat ini sudah penuh merawat pasien COVID-19 baik di ruang isolasi maupun ICU. Sehingga tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien sudah mencapai 100 persen. Dari total pasien COVID-19 sebanyak 528 orang. 452 orang di ruang isolasi dan yang di ICU ada 52 orang sudah penuh semua, untuk pasien non Covid terisi sebanyak 54 persen, dari 79 tempat tidur hanya terisi 43 orang.

Smentara itu, untuk stok oksigen di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Kariadi Semarang juga sudah relatif aman untuk kebutuhan pasien. RSUP Kariadi bekerja sama dengan PT Samator untuk menjamin kebutuhan oksien terpenuhi. Tersedia sekitar 200 tabung besar oksigen untuk memenuhi kebutuhan pasiennya.

BACA JUGA  95 Kabupaten/Kota Di Jawa-Bali Terapkan PPKM Level 4

“Sampai saat ini terpenuhi. Distribusi aman, untuk yang tabung oksigen isi 6 liter (tabung besar) kurang lebih 200 tabung. Kalau yang di dalam rawat inap, pasien menggunakan oksigen dari sentral aliran oksigen,” kata Humas RSUP Kariadi Semarang, Parna. (Irf)

Check Also

Kasus Covid-19 Di Cina Meningkat, Sebagian Akses Kota Ditutup

Beijing — Gelombang baru kasus Covid-19 di Provinsi Mongolia dan Provinsi Gansu Cina menyebabkan Otoritas …

Pekalongan Tingkatkan Vaksinasi Agar Bisa Turun Level PPKM

Jateng, Pekalongan – Masih rendahnya presesntasi dinilai menjadi salah satu penyebab Kota Pekalongan, tetap menerapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *