Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin apel gelar Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar. (IRFANA NUR / BERITA PANTURA)

Kapolda Jawa Tengah Siap Tindak Tegas Penimbun Alkes Dan Penyebar Hoax

Jateng, Karanganyar – Polda Jawa Tengah siap menindak tegas para penimbun obat-obatan, oksigen untuk medis serta kebutuhan vital lainnya. Selain itu juga berlaku bagi para penyebar hoax dan ujaran kebencian yang memperkeruh situasi pandemic COVID-19.

 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi seetelah memimpin apel pagi Satgas COVID-19 Kabupaten Karanganyar di alun-alun kota, Kamis (8/7)

 

“Polda Jawa Tengah menggelar operasi Aman Nusa II. Di dalamnya, terdapat Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) khusus penanganan Covid-19. Kami akan mengawal logistik kesehatan supaya tak berkendala. Termasuk menindak tegas praktik penimbunan alat kesehatan (alkes), obat-obatan, oksigen dan sebagainya. Ini merupakan situasi darurat sehingga ditangani direktorat kriminal khusus jika mendapati praktik penimbunan barang vital itu,” ujarnya.

 

Situasi di dunia maya juga tidak luput dari perhatian Satgas Gakkum. Dalam sampai kondisi seperti ini jangan sampai membuat masyarakat terpuruk akibat dari informasi yang menyesatkan oleh oknum yang bertanggung jawab. Luthfi juga tidak segan-sega kepada pelanggar UU ITE untuk di perlakukan tegas. Hoax yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat membuat gaduh di masyarakat karena menyesatkan.

 

Kapolda juga meminta masyarakat untuk bersabar agar tidak melakukan mobilitas selama PPKM berlaku, karena keberhasilan menekan kasus COVID-19 membutuhkan partisipasi semua pihak.

 

“Kegiatan ini tidak bisa dilakukan sendiri tanpa keterlibatan nakes, masyarakat, TNI, Polri, Pemda termasuk toga tomas. Mari bahu membahu. Bila tidak, maka tidak akan berarti apa-apa. Karena konektivitas Soloraya, pergerakan manusianya sangat tinggi. Jika satu tempat diberlakukan pembatasan tapi satu lain tidak, maka (virus) seperti bola pingpong. Sarana penularannya pergerakan manusia,” katanya. (Irf)

BACA JUGA  5 Provinsi dengan BOR COVID-19 Capai Lebih dari 80% Termasuk Jawa Tengah!

Check Also

Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi di tubuh Polri. Tercatat, ada sejumlah …

Kasus Covid-19 Di Cina Meningkat, Sebagian Akses Kota Ditutup

Beijing — Gelombang baru kasus Covid-19 di Provinsi Mongolia dan Provinsi Gansu Cina menyebabkan Otoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *