dr Mey Dian Intan Sari (foto : Gatra)

Satgas Kecamatan Di Banyumas Berikan Konsultasi Gratis Kepada Pasien Isoman

Jateng, Banyumas – Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kecamatan Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri dalam menghadapi pandemi ini, salah satunya adalah dengan memberikan konsultasi gratis secara online, bagi warga yang sedang melakukan isoman di rumah. Karena, di wilayah tersebut jumlah pasien COVID-19 dengan jumlah isoman yang semakin meningkat.

Menurut Camat Kembaran, Omar Udaya, melonjaknya kasus COVID-19 mengakibatkan banyak warga yang belum sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Banyak pula dari mereka yang tidak mendapatkan informasi kesehatan yang baik dan benar.

“Sebagai upaya meringankan beban warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, mengingat tanpa arahan dari dokter menurut kami bisa berbahaya, karena mereka bisa mengkonsumsi obat tanpa resep dokter,” kata Omar yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan, Kamis (5/8).

Dia juga menambahkan, dalam pemberian konsultasi gratis ini menggandeng dr Mey Dian Intan Sari. Dia yang akan memfasilitasi konsultasi selain dari petugas puskesmas. Secara kebetulan, Mey juga merupakan warga yang berdomisili di Desa Karangtengah, Kecamatan Kembaran.

“Di sela pembicaraan saya minta tolong keikhlasannya untuk menjadi dokter konsultan. Kami ingin ada konsultasi kesehatan daring, mengingat masih banyak warga yang isoman kurang terpantau, ada yang takut berobat ke dokter dan butuh konsultasi tapi karena isoman gak bisa keluar rumah,” jelasnya.

Omar mengatakan, layanan ini ditangani oleh operator dari pemerintah kecamatan dalam menyaring pertanyaan yang kemudian diteruskan ke dokter.

Omar menuturkan, layanan tersebut menyediakan panduan manual serta halaman khusus yang mempermudah masyarakat memberikan pertanyaan. Sehingga yang bersangkutan akan mendapatkan jawaban untuk menangani keluhan-keluhan yang dirasakan ketika menjalani isoman.

Pertanyaan dari pasien akan diteruskan ke WhatsApp (WA) Group layanan konseling isoman. Yang kemudian dijawab oleh dokter.

BACA JUGA  Lowongan Kerja Di Kedai Kopi

“Jawaban dari dokter akan diteruskan oleh grup WA layanan kepada warga isoman yang bertanya. Ini dimaksudkan agar ada pantauan dari Forkompinca Kembaran,” kata Omar.

Dr Mey Intan Sari juga menuturkan, inisiatif untuk membuat konsultasi gratis bagi pasien yang isoman berawal dari pertemuan dengan Satgas COVID-19 Kecamatan Kembaran saat kegiatan bakti sosial belum lama ini.

“Camat menyampaikan banyak warga yang butuh konsultasi khususnya yang sedang isoman. Akhirnya ya saya langsung putuskan saya siap membantu untuk konsultasi online yang isoman khususnya wilayah kecamatan kembaran,” ungkapnya.

Mey berharap dengan adanya layanan konsultasi maka warga isoman di Kecamatan Kembaran dapat lebih berhati-hati dalam pengobatan Covid-19 serta termotivasi untuk segera sembuh.

“Banyak warga yang tidak faham obat yang harus, diminum, memang ada obat yang dijual bebas, namun ada beberapa obat yang harus melalui faskes,” terangnya.

Menurutnya, setiap hari terdapat sekitar 10-15 orang yang berkonsultasi. Usai mendapat masukan, mereka lebih termotivasi untuk lebih cepat sembuh. (Irf)

Check Also

Dua Orang Anak Menjadi Yatim Piatu Setelah Orang Tuanya Meninggal Positif Corona Di Klaten

Klaten, Jateng – Dua orang anak, harus rela kehilangan kedua orang tuanya dikerenakan meninggal positif …

Belasan Mahasiswa UIN Walisongo Menghibur Pasien Isoman Di Balai Kota Semarang

Semarang, Jateng – Hal menarik terjadi di rumah dinas Wali Kota Semarang pada Minggu, 1 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *