Petugas Rutan Kelas II-B Gresik Menunjukkan Barang Bukti Penyelundupan Narkoba Kepada Media. (dok. Jawa Pos.com)

Tengok Kerabat Di Rutan, Selundupkan Narkoba Dalam Makanan

Jatim, Gresik – Penyelundupan narkoba ke rumah tahanan (Rutan) kembali terungkap. Petugas Rutan Kelas II-B Gresik menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu. Liciknya, barang haram itu dimasukkan ke kepala ikan bandeng. Upaya tersebut terungkap pada Sabtu (28/8/2021) kemarin.

Setiap hari Sabtu merupakan jam besuk untuk para warga binaan di Rutan yang berlokasi di Banjarsari, Kecamatan Cerme, tersebut. Sekitar pukul 11.00 WIB, petugas mencurigai gerak-gerik salah seorang pembesuk. Yakni, HA alias Husni Abdullah, warga asal Bungah.

Saat itu, pemuda berusia 25 tahun itu terlihat celingak-celinguk. Sesuai SOP, petugas memang selalu memeriksa barang bawaan para pembesuk.

Pada awalnya, petugas tidak begitu curiga. Tapi, gurat wajah HA tampak gelisah. Petugas pun menelisik. Satu per satu bagian ikan bandeng dipotong menggunakan pisau. HA juga ikut menyaksikan. Eh, saat membelah bagian kepala bandeng, terasa keras. Ternyata, di rongga kepala bandeng ditemukan bungkusan plastik kecil. Lalu, bungkusan itu dilakban hitam.

Begitu dibuka, petugas pun terkejut. Betapa tidak, di dalam bungkusan itu ternyata berisi serbuk kristal sabu-sabu. Tak ayal, HA pun gelagapan. Dia tidak bisa berkelit. Petugas langsung mengamankan pelaku dan melakukan pemeriksaan lanjutan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, barang terlarang itu rencananya dikirimkan kepada Suroso, salah seorang warga binaan di Rutan Kelas II-B Gresik. Suroso merupakan terpidana kasus narkoba yang menghuni kamar D4 bawah. Hubungan HA dan Suroso disebut-sebut sebagai kerabat dekat. (ahr)

BACA JUGA  RS Kariadi Semarang Kebakaran

Check Also

Hasil Perikanan Bawean Di Dorong Untuk Ekspor

Jatim, Gresik — Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengedukasi pelaku  usaha mikro kecil dan menengah …

Kasus Narkoba Di Sukabumi Meningkat Dalam Dua Pekan

Jabar, Sukabumi – Kapolres Kota Sukabumi AKBP SY Zainal Abidin melaporkan, bahwa selama dua pekan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *