Penceramah Ustat Muhammad Yahya Waloni.

Yahya Waloni, Profil dan Ceramah Kontroversinya

Jakarta – Kondisi Yahya Waloni masih dalam perawatan medis di RS Polri Keramat Jati. Kesehatannya menurun setelah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka penghina agama Kristen.

Penetapannya menjadi tersangka hanya berselang satu hari setelah Muhammad Kece juga ditangkap dengan ancaman hukuman yang sama. Berikut profil Yahya Waloni yang sekarang berstatus tersangka kasus penghinaan agama kristen, dan masih dalam kondisi perawatan medis.

Melansir Suara.com, Yahya Waloni lahir di Manado 30 November 1970, ia dibesarkan dikeluarga yang taat dan sempat menjadi pendeta. Nama sebelumnya ialah Yahya Yopie Waloni.

Paa 2006, ia mendapatkan bimbingan dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah pindah ke Tolitoli. Pada 11 Oktober 2006, ia menjadi mualaf yang dituntun oleh Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli, Komarudin Sofa.

Istri dan anak-anaknya pun turut memeluk Islam bersamanya. Setelah mualaf, namanya pun berganti menjadi Muhammad Yahya Waloni.

Nama istrinya, Lusiana menjadi Mutmainnah. Sedangkan nama anak-anaknya, di antaranya Silviana diganti menjadi Nur Hidayah, dan Sarah menjadi Siti Sarah, sementara anak bungsunya, Zakaria tetap menggunakan nama tersebut.

Setelah masuk Islam, ia dikenal sebagai pendakwah yang kerap mengangkat topik soal kristenisasi dan misionaris. Kekinian, ia menjadi tersangka penistaan agama kristen atas ceramahnya.

Berikut sejumlah ceramah kontroversial Ustadz Yahya Waloni yang kami kutip dari okezone.com :

1. Tabrak Anjing

Ustaz Yahya Waloni mengaku pernah menabrak seekor anjing dengan sengaja. Saat itu dia sedang berkunjung ke sebuah daerah untuk berdakwah.

Menurutnya, banyak sekali lapo yang menawarkan makanan dan minuman tidak halal di daerah tersebut. Ke
“Kutabrak juga seekor anjing, enggak tahu punya siapa. Dia lari pincang kakinya. Kalau kambing masih saya rem, tapi kulihat anjing, najis, kutabrak satu yang paling depan,” ujarnya dilansir di kanal Youtube Hadist TV.

BACA JUGA  Sandiaga, PMII Harus Jadi Garda Terdepan Inovasi Produk/Jasa

2. Sebut Youtuber Kafir

Dalam sebuah ceramah, Ustadz Yahya Waloni mengatakan semua Youtuber memiliki latar belakang kafir. Dalam potongan ceramah itu, awalnya Ustadz Yahya Waloni bercerita kalau ada seorang ibu yang memberinya saran untuk membuat channel Youtube sendiri. Namun, Yahya menolak karena ia lebih menikmati hasil keringat dakwah.

“Ngapain youtuber, background-nya itu kafir semua. Enggak mau saya makan uang kafir,” ujar Ustdaz Yahya Waloni dalam sebuah tayangan.

Sontak, pernyataannya tersebut langsung mendapat reaksi keras di masyarakat. Salah satunya Deddy Corbuzier yang tidak setuju dengan ceramah Ustaz Yahya Waloni yang menyebut penghasilan dari Youtube adalah uang kafir dan hukumnya haram.

3. Corona tidak masuk masjid

Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu isi ceramah Ustadz Yahya Waloni. Bahkan dia menyebut virus corona tidak bisa masuk masjid.

“Enggak usah munafik bikin-bikin aturan. Tablig akbar dilarang, Pilkada enggak. Virus itu bukan datang dari Wuhan, tapi dari Tuhan,” ujarnya

Dikatakan dia, jika Covid-19 memang ada di dalam masjid, maka sudah pasti dirinya dan jamaah akan tertular virus Corona.

“Tidak ada musibah menimpa seseorang kecuali atas izin Allah. Di dalam masjid begini enggak ada virus. Ente berdekatan gini, kalau betul virus ada di masjid, pas keluar mampus semua kita ini,” ujarnya di kanal Youtube Amil Islam. (ahr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *