Proses Vaksinasi yang Dilakukan Puskesmas Kecamatan Pringsurat. (Humas)

Percepat Vaksinasi, Pemkab Temanggung Jemput Bola Sasar Kelompok Rentan

Jateng, Temanggung – Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Temangung semakin menggencarkan vaksinasi yang menyasar kepada kelompok rentan, yaitu lanjut usia (lansia), penyandang komorbid atau memiliki penyakit bawaan, perempuan hamil, pekerja sektor informal, anak-anak, hingga penyandang difabel, dan penderita HIV positif.

Guna melancarkan aksi tersebut, Puskesmas Pringsurat melakukan jemput bola kepada 189 penyandang difabel, baik fisik maupun mental, serta pendamping difabel di tujuh desa yang ada di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Selasa (7/9).

“Sesuai dengan data dari Dinas Sosial, Puskesmas Pringsurat mendapat 189 dosis vaksin untuk penyandang disabilitas. Tetapi setelah kita koordinasi dengan bidan desa setempat, dari data tersebut ada yang sudah meninggal ataupun berpindah, sehingga sisa vaksin kita berikan kepada pendamping disabilitas tersebut,” jelas Kepala Puskesmas Pringsurat, Muhammad Nur Rois, di sela-sela pelaksanaan vaksinasi.

Ia berharap, vaksinasi kepada kelompok rentan ini dapat melindungi kelompok rentan dari penularan Covid-19.

Selain itu, Bidan Desa Soborejo, Nimas Candra juga menuturkan ada tantangan tersendiri dalam pelaksanaan vaksinasi kepada penyandang disabilitas.

“Untuk penyandang disabilitas ini memang kita harus jemput bola ke rumah masing-masing. Banyak tantangan, karena kita harus pintar-pintar untuk membujuk mereka. Apalagi kepada penyandang disabilitas mental, kita harus sabar dalam memberikan pemahaman,” ungkapnya. (Irf)

BACA JUGA  Gelar Upacara Virtual, Kapolda Jateng Persilahkan Masyarakat Menanfaatkan Gerai Vaksinasi

Check Also

Polsek Winong Gelar Vaksinasi dengan Menggandeng Puskesmas

Polsek Winong Gelar Vaksinasi dengan Menggandeng Puskesmas

Pati – Jajaran Polsek Winong, Polres Pati,  menggelar vaksinasi massal dengan menggandeng beberapa vaksinator dari …

Polres Pati Percepat Gelar Vaksinasi di Kecamatan Tambakromo

Polres Pati Percepat Gelar Vaksinasi di Kecamatan Tambakromo

Pati – Dalam rangka mendukung pemerintah untuk proses percepatan vaksinasi yang ada di Kabupaten Pati, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *