Museum Satwa Jatim Park 2 Terlihat Sepi Saat Pandemi. (tugumalang.id)

Jatim Park 2 Segera Uji Coba Operasional

Jatim, Batu – “Kota Batu diberikan dua kuota, Jatim Park 2, dan Selecta. Kementerian yang memilih, kami memberikan usulan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq di Kota Batu, dikutip dari JawaPos.com, Rabu (8/9).

Dua destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur, tersebut segera melakukan uji coba operasional dan dibuka untuk para wisatawan pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Arief menjelaskan usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Kota Batu mencakup 30 destinasi wisata yang ada di wilayah tersebut.

Usulan itu disampaikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan.
Menurutnya, dari jumlah destinasi wisata di Kota Batu yang diusulkan, hanya dua yang akan diberikan izin untuk uji coba operasional. Uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut, merupakan program dari pemerintah pusat untuk 20 destinasi wisata di Jawa-Bali.

“Itu merupakan program uji coba dari Kemenparekraf, dan Kemenkes. Uji coba dilakukan pada 20 destinasi wisata yang ada di Jawa-Bali,” ujarnya.

Dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut, lanjutnya, dinilai telah memenuhi sejumlah persyaratan yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf, dan Kemenkes. Destinasi wisata harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan.

Sejumlah persyaratan tersebut adalah protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), seluruh karyawan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, memiliki sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.asiku Dikabarkan Masihmasinya
“Yang kami ajukan sebanyak 30 destinasi wisata, itu yang telah memenuhi standar, yang sudah memiliki CHSE, vaksinasi 100 persen, sarana prasarana siap, dan mengunduh PeduliLindungi,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait kapan waktu uji coba operasional Jatim Park 2, dan Taman Rekreasi Selecta tersebut, pihaknya masih belum bisa memastikan. Saat ini, pihaknya masih menunggu pin barcode dari Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA  Nekat Lewati Jalur Penyekatan, Pengguna Jalan Dikenakan Pasal Lawan Petugas

Saat ini, wilayah Kota Batu masih menerapkan masa PPKM level 3. Sesungguhnya, dalam masa PPKM level 3, destinasi wisata masih belum diizinkan untuk beroperasi. Jika suatu wilayah memasuki level 2 PPKM, maka destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.015 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.714 orang dilaporkan telah sembuh, 256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.
(ahr)

Check Also

Kapolres Pati Ingin Desa Siagakan Posko PPKM Mikro

Kapolres Pati Ingin Desa Siagakan Posko PPKM Mikro

Pati – Guna antisipasi lonjakan pendatang atau arus mudik menjelang akhir tahun 2021, Kapolres Pati …

Khofifah Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK)

Jakarta – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *