Pantai Sukamade Banyuwangi. (liputan6.com)

Wisata Banyuwangi Buka Kembali Setelah Sempat Tutup

Jatim, Banyuwangi – Sejumlah tempat wisata banyuwangi telah dibuka kembali setelah sempat tutup karena pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengambil kebijakan tersebut menyusul keberhasilan menurunkan penanganan Covid-19 dari level 3 menjadi level 2.

Pembukaan kembali itu ditandai secara seremonial dengan pelepasan tukik ke laut oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersama para wisatawan. Pada acara tersebut Ipuk menegaskan, meski pariwisata dibuka kembali, tapi harus tetap dikendalikan. Pembatasan jumlah pengunjung, aturan vaksin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dan disiplin protokol kesehatan harus jadi prioritas utama.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda, tidak semua destinasi wisata dibuka. Tetapi akan bertahap, untuk permulaan akan dibuka 15 lokasi wisata terlebih dahulu.

“Sementara terdapat 15 destinasi yang dibuka dari 64 destinasi yang ada di Banyuwangi,” ujar Bramuda.
Beberapa lokasi destinasi wisata yang masuk angka 15 tersebut adalah Kawah Ijen, Pulau Merah, Alas Purwo, Grand Watudodol, Desa Wisata Tamansari, Bangsring Underwater, Pantai Cacalan, Pantai Cemara, Pantai Mustika, Teluk Hijau, dan lainnya.

“Untuk wisata kolam renang, berdasarkan instruksi dari pusat di Level 2 masih belum diperbolehkan untuk buka,” ujaranya.

Menurut dia, pariwisata Banyuwangi di masa pandemi mengandalkan quality tourism, bukan mass tourism, sehingga akan dioptimalkan menjual tiket pariwisata ke berbagai destinasi.

Menurut hasil rapat koordinasi Pemkab Banyuwangi, pariwisata di kabupaten tersebut dibuka kembali dengan berbagai ketentuan, yaitu kapasitas pengunjung hanya 25 persen, para pelaku usaha harus sudah divaksin, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin sebagai syarat masuk destinasi wisata. Disadur dari travel.tempo.co.

(ahr)

BACA JUGA  Bupati Rotasi Beberapa Posisi OPD

Check Also

wisata halal

Urgensi pembentukan Dirjen Wisata Halal

BeritaPantura.net – Menjadi negara muslim terbesar, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi industri dan pariwisata …

Asal Usul Nama Yogyakarta dan Malioboro

DIY — Ketika Mendengar kata objek wisata Malioboro Jogja, apa sih yang di pikiran kamu? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *