Jalan Malioboro Yogyakarta Di Malam Hari. (google)

Asal Usul Nama Yogyakarta dan Malioboro

DIY — Ketika Mendengar kata objek wisata Malioboro Jogja, apa sih yang di pikiran kamu? Belanja? Makanan? Atau nama tempat? Terus tahukah kamu Malioboro itu sebenarnya nama apa? Yuk kita bahas nama tersebut!

Malioboro merupakan suatu nama jalan yang keberadaannya sudah lama sekali. Kira kira tempat itu dibangun sekitar tahun 1750-an. Penamaan jalan tersebut ternyata ada kaitannya dengan nama kota Yogyakarta itu sendiri.

Jadi begini, menurut Dosen Sejarah UI, Prof Peter Brian Ramsey Carrey, nama asli kota Yogyakarta adalah Ngayogyakarta. Nama itu terinspirasi dari sebuah nama kerajaan di kitab Ramayana, yaitu Ayodya. Orang Jawa menyebutnya Ngayodya, sehingga terdengar seperti Ngayogya. Di dalam kitab itu juga, ada satu jalan utama yang sangat terkenal.

Jalan merupakan jalan utama tempat penyambutan Raja dan tamu tamunya, serta merupakan jalan penting yang memiliki banyak berkah. Nama yang jalan tersebut adalah Malyabhara. Dalam Bahasa Sansekerta, Malya berarti bunga dan bhara yang diambil dari kata bharin yang artinya mengenakan. Jadi jalan yang mengenakan bunga (jalan yang istimewa).

Nah, maka nama itu diambil untuk menamai jalan yang terletak dekat dengan Keraton Yogyakarta itu. Karena pengaruh pengucapan orang Jawa dimana huruf a dibaca o, maka terdengar jadi Malioboro.

(ahr)

BACA JUGA  Peringati Hari Juang, Kodim Pati Gelar Donor Darah

Check Also

Wisata

Desa Wisata di Lereng Merapi yang Edukatif dan Menyenangkan

  Yogyakarta — Jelajah Alam Kawasan Garongan atau (Jaka Garong) adalah desa wisata yang berada …

wisata halal

Urgensi pembentukan Dirjen Wisata Halal

BeritaPantura.net – Menjadi negara muslim terbesar, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi industri dan pariwisata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *