Bimtek Operator Desa se-Kecamatan Tlogowungu Pati. (ULIN NUHA/ BERITA PANTURA)

Akuratkan Data Profil Desa, Operator Desa Diberi Bimtek

Jateng, Pati — Dispermades Kabupaten Pati bersama dengan Pemerintah Kecamatan Tlogowungu pada Selasa (21/9/2021) bertempat di Aula Kecamatan Tlogowungu mengadakan Bimtek Inputing Data Profil Desa bagi Operator Desa se- Kecamatan Tlogowungu.

Sekcam Tlogowungu, Dra. Sri Muryani mewakili Camat Tlogowungu dalam sambutannya menyampaikan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan keakuratan dan kevalidan data profil desa yang diinput oleh Operator Desa. Muryani juga berpesan kepada peserta bimtek untuk mengikuti bimtek dengan sungguh-sungguh dan jangan sungkan bertanya apabila menemui kesulitan.

Narasumber dari Dispermasdes Kabupaten Pati Siti Mahmudah, S.E., M.M. selaku Kasi Administrasi dan Informasi Desa. menekankan tujuan bimtek kali ini untuk meningkatkan keakuratan dan kevalidan data profil desa yang diinput oleh Operator Desa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Hasil dari pengisian data profil desa ini akan digunakan sebagai acuan untuk penyusunan SOTK desa dan untuk menentukan laju perkembangan desa apakah masuk klasifikasi desa Swasembada, Swakarya ataupun Swadaya.

Kegiatan bimtek ini selain diikuti Operator Desa juga diikuti Pendamping Desa se- Kecamatan Tlogowungu. Pendampingan sebagai bentuk upaya memberdayakan masyarakat desa salah satunya dengan mengoptimalkan aset lokal desa.

(uln)

BACA JUGA  Bupati Rotasi Beberapa Posisi OPD

Check Also

Ansor Siap Terjunkan Banser Untuk Penutupan Prostitusi

Jateng, Pati – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pati menyatakan siap terlibat, jika …

Dinkes Pati Intensifkan Program Jogo Tonggo

Jateng, Pati – Dalam rangka percepat penganganak Covid-19, Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *