Bayi Yang Dibuang Ibunya Sedang Dalam Perawatan. (jawapos)

Buang Bayi Sendiri Gara-gara Tak Kenal Betul Si Bapaknya

Jateng, Pati – Beberapa hari kemarin warga Kecamatan Cluwak Pati digemparkan dengan penemuan bayi di bawah jembatan. Setelah melakuakan pencarian akhirnya pelaku pembuangan terungkap. Dan ternyata pelakunya adalah ibunya sendiri. Ibu dari bayi tersebut masih berusia 16 tahun. Alasannya, karena ketakutan dan masih duduk di bangku sekolah. Terlebih kehamilan tersebut diluar nikah.

”Bersumber dari keterangan yang kami dapatkan, perempuan tersebut tak begitu mengenal sosok ayah dari bayi tersebut. Bahkan namanya saja dia mengaku tidak tahu,” terang Kapolres Pati AKBP Christian Tobing melalui Kapolsek Cluwak AKP Tri Gunarso dikonfirmasi kemarin (21/9). Dilansir dari Jawa Pos Radar Kudus, Rabu (22/9/2021).

Keterangan lanjutan, bahwa yang bersangkutan kenal lelaki tersebut dari media sosial. Pada Januari lalu, dia bertemu dengan lelaki tersebut di daerah Kelet, Jepara. Pada kala itulah dia dan lelaki yang baru dikenal melakukan hubungan terlarang. Dan itu merupakan pertemuan terakhir dari keduanya.

“Setelah pertemuan itu, lelakinya tidak pernah muncul lagi. Sementara media sosial dan kontaknya semua telah diblokir,” imbuhnya.

Dari masalah itulah yang membuat ibu bayi malang tersebut ketakutan. Terlebih saat mengetahui dirinya hamil.
”Proses kelahirannya sendiri terjadi sekitar pukul 21.00. Saat itu yang bersangkutan merasa mules sehingga lari ke ladang di belakang rumah. Di situlah diduga proses melahirkan terjadi,” lanjut Kapolsek.

Dia kemudian pergi ke sungai untuk membersihkan diri dan bayinya. Namun lantaran mengetahui ada orang yang lewat dia kemudian lari. Sementara bayinya masih di bawah jembatan. ”Kalau dari informasi sementara ini dia melakukannya sendirian. Namun saat ini kami masih terus melakukan pendalaman,” tambahnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan perangkat desa, Puskesmas, dan bidan desa untuk menemukan ibu dari bayi tersebut. Setelah ada temuan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan mereka. Bahwa jika ada wanita yang melakukan pemeriksanaan yang berkaitan dengan darah dan kelahiran atau yang mencurigakan diminta untuk menghubungi Polsek Cluwak.

BACA JUGA  Banyak Ditemukan, Diskominfo Pati Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

”Soalnya temuan awalnya masih ada plasenta yang belum dipotong. Berarti pelakunya tak jauh dari situ. Kami menggali informasi dari masyarakat sekitar. Hasilnya, ada tiga orang yang dicurigai. Termasuk si pelaku itu,” ungkapnya.

Alhasil, Senin pelaku periksa di bidan lain desa. Bidan tersebut kemudian menghubungi pihak kepolisian. Soalnya, pihaknya sudah menyebar informasi itu.

”Setelah itu, didampingi pihak desa kami menjemput pelaku. Setelah itu, pukul 10.00 dia dibawa ke Puskesmas untuk divisum. Hasilnya, memang habis melahirkan. Setelah hasil keluar, saya yakin dia ibunya,” katanya.

Lalu, pelaku dibawa ke Polsek Cluwak untuk dikonfirmasi. Dan dia mengakui kalau bayi yang dibuangnya adalah anaknya. ”Kasus ini nanti akan dilimpahkan ke Polres Pati. Bagaimana proses hukum yang akan dijalani,” pungkasnya.
(ahr)

Check Also

Polres Pati Dapat Apresiasi dan Penganugerahan Kemenpan-RB Predikat Zona Integritas WBK

Pati – Polres Pati berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Predikat tersebut diberikan …

Ansor Siap Terjunkan Banser Untuk Penutupan Prostitusi

Jateng, Pati – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pati menyatakan siap terlibat, jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *