Pekalongan Tingkatkan Vaksinasi Agar Bisa Turun Level PPKM

Jateng, Pekalongan – Masih rendahnya presesntasi dinilai menjadi salah satu penyebab Kota Pekalongan, tetap menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, setidaknya hingga dua pecan mendatang. Pemerintah berupaya menggenjot presentase vaksinasi 50 persen agar wilayah tersebut levelnya bisa menurun.

Dalam intruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021, pencapaian vaksinasi salah satu kategori penilaian dalam perpanjangan PPKM level Jawa-Bali hingga 4 Oktober. Pada sebelumnya Kota Pekalongan yang pada perpanjangan sebelumnya menerapkan PPKM level 2 harus memiliki presentasi vaksinasi sebesar 70 persen untuk vaksinasi total dan untuk lansia minimal 60 persen.

”Semua pihak, baik dari pemerintah, TNI, Polri, partai politik, maupun organisasi masyarakat, sudah bekerja sama mengadakan vaksinasi. Mudah-mudahan bulan ini, paling tidak, Kota Pekalongan bisa mencapai 50 persen dari target sasaran yang ditentukan,” kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Rabu (22/9/2021).

Afzan mengatakan, pada saat ini Kota Pekalongan memiliki stok vaksin sebanyak 11.516 dosis. Jumlah tersebut dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di Kota Pekalongan hingga delapan hari ke depan.

”Fokus kami saat ini adalah menghabiskan stok vaksin yang ada. Kalau sudah habis, kami akan mengajukan kembali penambahan stok vaksin kepada pemerintah pusat ataupun Pemerintah Provinsi Jateng,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto mengungkapkan, rendahnya presentase vaksinasi di wilayahnya terjadi karena antusiasme masyarakat masih rendah. Kedepannya, pihaknya akan lebih gencar mengedukasi masyarakat agar mau divaksin serta mendekatkan layanan.

”Kami sudah pernah mendekatkan layanan dengan melakukan vaksinasi di posyandu-posyandu. Namun, tetap saja partisipasi masyarakat masih kurang. Ke depan, kami akan mempertimbangkan vaksinasi door to door untuk mendongkrak capaian,” kata Slamet.

BACA JUGA  Ketum PSSI Jangan Masuk Ke Ruang Ganti Pemain Saat Final!

Menurut Slamet, ada sekitar 1.000-1.500 orang yang divaksin di Kota Pekalongan setiap hari. Jumlah itu masih belum memenuhi target vaksinasi harian di wilayah tersebut, yakni 2.000 orang per hari. (Irf)

Check Also

Polsek Winong Gelar Vaksinasi dengan Menggandeng Puskesmas

Polsek Winong Gelar Vaksinasi dengan Menggandeng Puskesmas

Pati – Jajaran Polsek Winong, Polres Pati,  menggelar vaksinasi massal dengan menggandeng beberapa vaksinator dari …

Polres Pati Percepat Gelar Vaksinasi di Kecamatan Tambakromo

Polres Pati Percepat Gelar Vaksinasi di Kecamatan Tambakromo

Pati – Dalam rangka mendukung pemerintah untuk proses percepatan vaksinasi yang ada di Kabupaten Pati, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *