Ketua GP Ansor Pati Itqonul Hakim. (ULIN NUHA/ BERITA PANTURA)

GP Ansor Pati Dukung Muktamar Digelar Tahun Ini

Jateng, Pati – Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pati Itqonul Hakim menyatakan mendukung penuh jika Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 digelar tahun ini. Ia menyebut forum tertinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang tertunda satu tahun kini telah memungkinkan digelar mengingat pandemi Covid-19 cukup berhasil dikendalikan.

“Langkah-langkah pengendalian pandemi yang dilakukan pemerintah menunjukkan hasil baik. Perkembangan vaksinasi berjalan menggembirakan dan stabilitas sosial berangsur pulih. Sudah sepatutnya Muktamar segera dilaksanakan,” terangnya Jumat (24/9) kemarin.

Itqon menyebutkan pelaksanaan Muktamar NU ke-34 ini merupakan hal mendesak. Sebab jika digelar tahun ini, momentumnya dapat digunakan untuk merancang semangat baru dan meningkatkan peran organisasi dalam memberikan kontribusi maksimal untuk memulihkan keadaan bangsa.

“GP Ansor Pati siap memberikan dukungan penuh kepada PBNU untuk melaksanakan amanat para kiai sepuh NU yang menghendaki Muktamar ke-34 NU digelar tahun ini. Sebagaimana juga telah menjadi keputusan Munas NU tahun kemarin,” imbuhnya.

Ia menyatakan selama kasus penularan wabah Covid-19 mengalami lonjakan besar beberapa waktu lalu, seluruh badan otonom NU terlebih GP Ansor telah memiliki andil besar dalam membantu program penanggulangan.
“Banom-banom NU selalu berada di garis depan dalam ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Itqon setuju menggelar even seakbar Muktamar di tengah situasi pandemi tentu tidak dengan cara gegabah. Dengan kesadaran pentingnya penerapan protokol kesehatan ketat, maka Muktamar ke-34 memungkinkan digelar dengan sejumlah penyesuaian.

“Karena situasi belum sepenuhnya normal, warga NU tentu akan memahami jika dalam penyelenggaraannya ada pembatasan-pembatasan yang semestinya,” ujarnya.

Disamping itu ia berpendapat bahwa kapan waktu pandemi benar-benar berakhir masih tidak bisa dipastikan. Maka ia mendukung pemikiran masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Namun tentu dengan sikap hati-hati.

BACA JUGA  Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-75, Polri Siapkan Hadiah 1 Juta Vaksin Covid-19

“Dengan dasar tersebut maka Muktamar digelar tahun ini atau tahun depan situasinya kurang lebih akan sama. Namun mengingat urgensinya, forum Muktamar tahun ini akan memberikan sumbangsih berupa semangat baru dan pikiran-pikiran besar untuk membantu bangsa keluar dari krisis,” tandasnya.

(uln)

Check Also

Perusakan Masjid Ahmadiyah Disesalkan PBNU

Jakarta – PBNU menyesalkan peristiwa perusakan masjid Ahmadiyah di Tempunak, Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). PBNU …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *