wisata halal

Urgensi pembentukan Dirjen Wisata Halal

BeritaPantura.net – Menjadi negara muslim terbesar, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi industri dan pariwisata halal yang menjanjikan bagi wisatawan Muslim dari berbagai belahan dunia. Potensi wisata halal indonesia telah beberapa kali meraih prestasi terbaik, terakhir adalah penghargaan dari Global Muslim Travel Index ( GMTI ) pada tahun 2019.

Merujuk catatan GMTI, sebanyak 15 juta wisatawan Muslim dunia telah berkunjung ke Indonesia. Akses komunikasi, lingkungan dan pelayanan yang ramah tercitra dari kebudayaan Nusantara, membuat wisatawan Muslim betah menikmati atraksi wisata kita.

Saat ini, pemerintah memang telah menggarap potensi wisata dan makanan halal dengan menunjuk Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai panglima dalam mengembangkan industri wisata dan makanan halal di Indonesia. Besar harapanya, pasca pandemi ini, Indonesia kembali menjadi rujukan bagi touris muslim dunia.

Proyek besar wisata dan makanan halal ini, harus segara di garap, langkah pertama yang harus di laksankan oleh kemenparekraf adalah dengan segera membentuk satu dirjen yang berfokus pada wisata dan ekonomi kreatif halal agar proyek besar ini dapat segera teraliasi secara masif dan terukur sehingga masyarakat dan pelaku UMKM segera mendapatkan asas manfaat dan keberkahan dari proyek ini.

Dengan terbentuknya dirjen wisata dan ekonomi kreatif halal ini, seluruh aspek dari mata rantai industri halal ini dapat terakomodir. Sebagai contoh, Produk makanan tradisional kita, seperti jajanan khas Nusantara dapat terindentifikasi dan mendapatkan jaminan halal sehingga wisatawan Muslim dunia tidak ragu untuk membeli produk Nusantara kita.

Syaifudin Anwar, Pengurus Ikatan Pemuda Desa Nusantara

BACA JUGA  Guru PAUD Perlu Belajar Pembuatan Video Animasi Guna Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Check Also

Asal Usul Nama Yogyakarta dan Malioboro

DIY — Ketika Mendengar kata objek wisata Malioboro Jogja, apa sih yang di pikiran kamu? …

Wisata Banyuwangi Buka Kembali Setelah Sempat Tutup

Jatim, Banyuwangi – Sejumlah tempat wisata banyuwangi telah dibuka kembali setelah sempat tutup karena pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *