Sejumlah Guru Mengikuti Pelatihan Computation Thinking. (HUSNUL / BERITA PANTURA)

Gandeng IPMAFA, Sejumlah Guru YP Madarijul Huda Ikuti Pelatihan Computational Thingking

Jateng, Pati – Guna meningkatkan  kualitas guru, Yayasan Pengembangan Madarijul Huda menyelenggarakan Workshop Pelatihan Computational Thinking (13/10/2021). Pelatihan ini merupakan kerjasama Yayasan Pengembangan Madarijul Huda dengan  Berbas Indonesia Biro Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA)  dengan dukungan dari Google Org. yang betempat di Aula SMK Mambaul Huda dan Laboratorium MA Madarijul Huda.

Pelatihan tersebut di ikuti oleh 52 peserta. Semuanya merupakan pendidik dari berbagai jenjang mulai dari RA, MI, MTs, MA, dan SMK di bawah naungan yayasan pengembangan Madarijul Huda.

Pelatihan tersebut dibagi menjadi 2 kelas, pada tiap kelasnya  di pandu oleh 3 tutor dari IPMAFA. Pelatihan ini di awali dengan stimulasi soal-soal Computational Thinking.  Kemudian di lanjutkan dengan game instruksi secara berkelompok dengan memberikan instruksi secara lengkap sesuai dengan gambar yang di kasih tutor  dan kemudian instruksi tersebut  akan di jawab oleh kelompok lain.

Pada pelatihan tersebut para tutor juga memberikan pemahaman mengenai kondisi SDM Indonesia,  tantangan di era Society 5.0 serta pentingnya Computational Thinking. Peserta diberikan cara untuk memecahkan soal-soal Computational Thinking serta akses contoh-contoh soal dan pembahasannya sehingga nantinya dapat di terapkan dalam proses pembelajaran, yang tak kalah menyenangkan dalam pelatihan ini peserta juga di ajak untuk bermain games Berbasis Computational Thinking yaitu Blockly.games dan Stratch.

Adanya Pelatihan Computational Thinking ini diharapkan lahir para guru dari tingkat dasar hingga menengah yang mampu mengkreasikan metode pengajaran yang selaras dengan berpikir komputasi sehingga mampu mencetak siswa yang kritis, inovatif dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai humanis. Acara ini di tutup dengan pemberian kesan pesan oleh peserta workshop.

(iir)

BACA JUGA  Italia Juara Piala Eropa 2020, Berikut Daftar Negara yang Pernah Juara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *