Wasit Oki Dwi Dapat Protes Keras Dari Pemain dan Oficial Persija.

Persija Kalah, Wasit Oki Dwi Putra Harus Dievaluasi

Olahraga – Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio buka suara terkait keputusan aneh dari wasit Oki Dwi Putra saat memimpin pertandingan melawan Arema FC dalam pekan ketujuh Liga 1 2021/2021. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu malam WIB 17 Oktober 2021, tim berjuluk Macan Kemayoran kalah 0-1.

Menurutnya kerugian yang dialami Persija akibat keputusan wasit setidaknya ada tiga. Yang pertama momen di mana Rio Fahmi dijtauhkan di dalam kotak penalti. Namun, Oki tidak meniupkan peluit.

Pada akhir laga, Marko Simic sempat mencetak gol, tapi kemudian dianulir karena dianggap lebih dulu terjadi pelanggaran. Tapi menurut Angelo, hal itu sangat keliru.

“Kita tidak perlu bantuan dari wasit, karena kita cuma butuh wasit memimpin secara adil. Babak pertama harusnya kami dapat penalti waktu Rio Fahmi dijatuhkan,” kata Angelo dalam konferensi pers usai pertandingan.

“Lalu babak kedua, gol dari Simic harusnya sah. Simic mengantisipasi bola sebelum kontak dengan kiper. Saya sudah lihat videonya,” imbuhnya.

Angelo juga mengkritik keputusan wasit cuma memberi waktu tambahan selama tiga menit. Padahal banyak insiden terjadi di atas lapangan yang membuat pertandingan terhenti.

Mantan asisten Antonio Conte itu tetap pada sikapnya. Menurut dia, Macan Kemayoran tidak patut kalah dalam pertandingan melawan Arema FC.

“Saya bukan tipe pelatih yang suka menangisi hasil. Tapi, bagi saya untuk kekalahan hari ini untuk Persija, tidaklah layak,” tutur Angelo.

Komentar kapten

Kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa turut mengomentari wasit Oki Dwi Putra. Dia mempertanyakan kapabilitas pengadil pertandingan asal Bandung, Jawa Barat itu dalam bertugas di BRI Liga 1 2021/2022.

“Berbicara soal wasit, saya tidak ingin menilai wasit. Namun, teman-teman semua bisa menilai, apakah Oki Dwi Putra layak atau tidak memimpin di BRI Liga 1?” kata Andritany pada konferensi pers virtual pasca-laga, Minggu (17/10/2021).

BACA JUGA  Polres Pati Bekuk Tersangka Penipuan CPNS

“Sedikit timbul pertanyaan juga buat saya. Mengapa setiap kali Oki Dwi Putra memimpin laga Persija, dia selalu merugikan Persija. Itu sudah beberapa kali.”

Menurutnya banyak laga yang dipimpin Oki Dwi Putra kerap menimbulkan keputusan yang merugikan. Ia pun menyilahkan untuk mengecek sendiri kebenarannya.

“Silakan saja dilihat dari partai-partai Persija sebelumnya yang dipimpin oleh Oki Dwi Putra,” tutur kapten Persija Jakarta ini.

Sama dengan pelatih Persija, Anditany pun menilai persija tak patut kalah, malahan dipertandingan tersebut ia menilai layak untuk dapat poin penuh.

“Secara hasil, memang ini tidak bagus untuk kami. Sebab, kami semestinya bisa mendapatkan tiga poin dan permainan kami lebih baik dari Arema FC,” tutur Andritany. (ahr)

Check Also

Liga 1 Segera Hidangkan Pertandingan Dengan Kehadiran Penonton

Olahraga – Liga Indonesia bersiap melakukan simulasi untuk pertandingan sepakbola dengan suporter pada ajang Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *