Nadiem Makarim saat upacara Hari Sumpah Pemuda ke 93.

Mendikbudristek Ajak Pemuda Meneladani Semangat Pendahulu

Jakarta —Pada momentum Hari Sumpah Pemuda hekdaknya harus dijadikan semangat untuk bangkit oleh para pemuda. Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 93.

Pada pidatonya, ia menilai Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah hari kemenangan bagi pemuda dan bangsa Indonesia.  “Hari di mana kita para generasi muda Indonesia melompat bersama,” jelasnya, Kamis (28/10/2021).

Nadim mengajak para pemuda Indonesia membayangkan apabila generasi penerus bangsa pada saat itu tidak bersatu. Menurut dia tanpa upaya dari pendahulu, masyarakat (Indonesia) tidak akan bisa merdeka dalam hal menuntut ilmu.

“Jika para generasi pendahulu kita tidak menyatukan gagasan mereka tentang berbangsa yang bersatu dan merdeka. Bayangkan jika Sumpah Pemuda tidak pernah dicetuskan dan diikrarkan oleh pemuda penggerak bangsa. Jika semua itu tidak pernah terjadi, saya yakin kita tidak akan berdiri di sini sebagai pelajar yang merdeka dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita,” ucap Nadiem.

Kemudian Mendikbudristek meminta supaya anak muda Indonesia bisa menciptakan hal terbaik bagi bangsa pada saat ini. Berdasar dari perjuangan pemuda zaman dahulu, yang berikrar bertumpah darah, berbahasa, dan berbangsa satu Indonesia.

“Kita harus mengingat sejarah itu sebagai bekal membangun masa depan,” pungkasnya.

(ahr)

BACA JUGA  Mahasiswa STT Pati Turut Sukseskan Vaksinasi Bersama PMII Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *