Jajaran Pengurus Baru Sarbumusi Kabupaten Pati. (Ahmad Rifa'i/Berita Pantura)

Sarbumusi Pati Bangkit Lagi

Jateng, Pati- Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Pati gelar pelantikan pengurus baru. Keberadaannya yang telah lama hilang, kini dapat hadir kembali menemani perjuangan para buruh, khususnya (buruh) muslim.

Organisasi buruh yang merupakan bagian dari badan otonom (Banom)  Nahdlatul Ulama (NU)  memang sudah lama dibrangus, yakni sejak masa Orde Baru. Pada masa era reformasi ini, Sarbumusi telah kembali bangkit untuk berjuang bersama para buruh agar mendapatkan hak-haknya.

Husaini, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Sarbumusi Kabupaten Pati, mengatakan, sebenarnya di Bumi Mina Tani organisasi tersebut  telah ada sejak lama. Ia menyampaikan bahwa basis gerakan pada zaman dulu berada di Pati area utara.

Karena masa itu keberadaannya dianggap sebagai ancaman. Maka pada masa orde baru organisasi tersebut diberangus.

Pada masa reformasi ini, Sarbumusi kembali bangkit untuk memperjuangan hak para buruh. Dengan diadakannya pelantikan pengurus di Pati, maka menjadi tanda kebangkitan gerakan para buruh muslim di Bumi mina tani.

“Kami mendeklarasikan diri bahwa Sarbumi Pati kembali bangkit, kembali nememani perjuangan para buruh,” katanya usai deklarasi Sarbumusi di Gedung PCNU Pati, Kamis (28/10/2021).

Lanjutnya, pada momentum sumpah pemuda ini, setidaknya menjadi api semangat bagi pengurus Sarbumusi Pati untuk terus bergerak memperluas basis anggota. Apalagi yang tergabung tidak hanya buruh dari sektor formal, tetapi juga informal.

“Yang sektor formal jelas dari para buruh yang ada perusahaan. Kemudian informal ini mengakomodir pada petani, nelayan yang lain sebagainya,” imbuh Husaini.

Ia mengaku sebanyak 80 persen buruh di Kabupaten Pati adalah warga NU. Menurutnya itu adalah basis besar yang harus menjadi perhatian Sarbumusi sebagai organisasi buruh Banomnya NU.

BACA JUGA  Trenggalek Terapkan Mikro Lockdown

“Kami bukan organisasi yang baru lahir, basis kami juga banyak dari warga Nahdliyin. Kami berkomitmen untuk kembali membesarkan Sarbumusi Pati,” pungkasnya.

(ahr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *