Ilustrasi merapi
Ilustrasi Merapi

Ganjar Minta Warga Sekitar Merapi untuk Siaga

Semarang — Pasca erupsi Gunung Semeru Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga di sekitar Gunung Merapi untuk bersiaga. Apalagi aktivitas Gunung Merapi diketahui juga mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir.

“Saya minta semua siaga. Sabtu lalu saya sudah mendapat laporan dari BPPTKG, bahwa erupsi yang terjadi sejak 4 Januari lalu sampai sekarang masih berlangsung,” kata Ganjar, Senin (6/12). Dilansir dari CNN Indonesia.

Ganjar menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan, pertumbuhan kubah lava di Gunung Merapi masih terjadi. Bahkan guguran awan panas juga masih berlangsung karena sampai saat ini akumulasi tekanan magma dari dalam masih berlangsung.

“Erupsi Gunung Merapi belum akan berakhir maka saya minta semuanya siaga khususnya di Yogyakarta, Magelang, dan Klaten serta sebagian Boyolali,” katanya.

Dikutip dari laman magma.vsi.esdm.go.id, saat ini Gunung Merapi berstatus Level III atau Siaga dengan potensi berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Ganjar mengatakan pihaknya sudah melakukan identifikasi, daerah yang rawan adalah sekitar Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Putih, Gendol, dan Woro.

“Kami perhitungkan guguran bisa mencapai 3-5 kilometer, sehingga di wilayah-wilayah itu diminta bersiap. Seluruh kepala desa harus siaga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana semua stand by,” katanya.

Ganjar berharap sistem peringatan dini dapat bekerja maksimal. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, peluit langsung ditiup dan informasi diberikan agar semua warga di sekitar Gunung Merapi segera mengungsi. (ahr)

BACA JUGA  Tengok Kerabat Di Rutan, Selundupkan Narkoba Dalam Makanan

Check Also

Cak Thoriq Minta Penambangan Pasir Semeru Berhenti Dulu

Cak Thoriq Minta Penambangan Pasir Semeru Berhenti Dulu

Lumajang — Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang, marah melihat warga menambang pasir di daerah …

PMII Pati Galang Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

PMII Pati Galang Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Pati — Peduli dengan korban bencana erupsi Gunung Semeru, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *