Penjelasan Dokter Soal Mata Buta Setelah Vaksin
Konferensi Pers Tim Dokter RSUD Saiful Anwar Malang.

Penjelasan Dokter Soal Mata Buta Setelah Vaksin

Malang — Dokter spesialis mata RSUD Saiful Anwar Malang Wino Vrieda menjelaskan bahwa tim dokter telah melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pasien bernama Joko Santoso (38) kehilangan penglihatan setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19.

“Hasil pemeriksaan lengkap didapatkan diagnosis terjadi peradangan pada saraf mata pasien, yang biasa disebut neuritis optik,” kata Wino di Kota Malang, Selasa (7/12) seperti dilansir Merdeka.com dari Antara.

Menurut dia, peradangan pada saraf mata bisa disebabkan oleh banyak faktor termasuk infeksi dan ada kalanya penyebab peradangan tidak diketahui.

Wino mengemukakan bahwa kasus peradangan saraf mata yang mengakibatkan hilangnya penglihatan Joko termasuk kasus langka.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada laporan maupun hasil penelitian yang menunjukkan adanya kaitan antara vaksinasi Covid-19 dan gangguan penglihatan.

“Hingga saat ini belum ada literatur mana pun atau laporan yang bisa dengan pasti untuk menyatakan bahwa vaksinlah yang menjadi satu-satunya penyebab turunnya penglihatan pada pasien,” katanya.

(mrd/ahr)

BACA JUGA  Kapolres Pati Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat

Check Also

Mahasiswa di Jateng Banyak Yang Belum Divaksin

Jateng – Riset Lapor Covid-19 di tiga provinsi besar di Pulau Jawa mengungkapkan bahwa Jawa …

Polri Gandeng Dirjen P2P  Dalam Program Hadiah Vaksin Hari Bayangkara

Jakarta – Demi menciptakan data akuntabel, Polri  menggandeng Dirjen P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kemenkes …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *