Cak Thoriq Ingin di Semeru Ada Sistem Peringatan Dini
Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Cak Thoriq Ingin di Semeru Ada Sistem Peringatan Dini

Lumajang — Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berkeinginan ada sistem peringatan dini (Early Warning System) bencana di Gunung Semeru. Menurutnya dengan adanya sistem tersebut, Pemda bisa mengetahui akan terjadinya bencana dengan cepat dan memberikan informasi atau peringatan dini pada masyarakat atas tingkatan bencana yang akan terjadi serta tindakan selanjutnya.

“Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kalau bisa menambah detailing apakah alat yang bisa mengukur atau dokumentasi yang bisa melihat bahwa kemungkinan bencana dengan volume, kapasitas, kekuatan dari guguran awan panas yang menyebabkan terjadinya bencana yang harus kita antisipasi,” ungkap bupati saat memberikan sambutan pada acara Rapat Teknis Mitigasi Struktural dan Penguatan Early Warning System Erupsi Gunung Semeru, bertempat di Posko Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Kantor Kecamatan Pasirian, Kamis (16/12/21) malam.

Selanjutnya bupati berharap, jika pihak yang menangani kebencanaan memiliki standart informasi yang lebih akurat untuk peringatan dini bencana, maka Pemda juga bisa memberitahukan kepada masyarakat akan terjadinya bencana serta dapat meminimalisir adanya korban bencana.

“Kalau hal itu menjadi standart kita semua sebagai peringatan, maka kita akan memiliki pikiran dan tindakan antisipasi yang lebih,” harapnya.

Sementara, Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putra menerangkan bahwa Rakor tersebut bertujuan untuk memberikan penyelesaian terkait penanggulangan bencana Erupsi Gunung Semeru sejak dini, sehingga pemerintah dapat memberikan penanganan cepat kepada masyarakat yang masuk di wilayah bencana.

“Kita malam ini mencari solusi yang kongkrit,” terangnya (hms/ahr).

BACA JUGA  600 Ribu Vaksin Telah Diterima, Jateng Siap Percepat Vaksinasi

Check Also

Gempa NTT Bukan Karena Gunung Api

Gempa NTT Bukan Karena Gunung Api

Jakarta – Gempa magnitudo 7,4 di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipastikan tidak ada kaitannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *