Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi di tubuh Polri. Tercatat, ada sejumlah perwira Polri yang menjabat kapolda turut dimutasi.

Mutasi terhadap jajaran perwira Polri tersebut tertuang dalam Surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP.2021 yang diteken Asisten SDM Kapolri, Irjen Wahyu Widada pada Jumat (17/12//2021).

Dilansir dari Kompas TV, Kepala Divisi Humas Polri Irjej Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi di tubuh Polri. Mutasi itu dilakukan karena adanya sejumlah alasan.

“Ya benar, proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and tour of area serta penyegaran,” kata Dedi saat dikonfirmasi, di Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Dalam surat telegram itu, tercatat ada tujuh kepala kepolisian daerah atau kapolda yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dikutip dari surat telegram Kapolri bernomor ST/2568/XII/KEP.2021, berikut ini nama-nama Kapolda yang dimutasi:

1. Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dimutasi menjadi perwira tinggi staf ahli Kapolri. Mutasi itu dilakukan dalam rangka menjelang masa pensiun.

Adapun penggantinya, yaitu Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

2. Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif dimutasi dalam jabatan baru menjadi Kapolda Maluku.

Adapun jabatan Kapolda NTT yang kosong akan diemban oleh Brigjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat Pati Bareskrim Polri dalam penugasan di KPK.

3. Kapolda Kaltim Irjen Herry Rudolf Nahak dimutasi dari jabatannya menjadi Kepala Sekolah Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kasespim Lemdiklat) Polri.

Sebagai penggantinya yaitu Irjen Imam Sugianto diangkat dalam jabatan baru menjadi Kapolda Kaltim dari sebelumnya menjabat Asops Kapolri.

4. Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dimutasi dari jabatannya menjadi Asops Kapolri menggantikan Irjen Imam Sugianto.

BACA JUGA  UKT NAIK, AKTIFIS NAIK DARAH

Adapun posisi Kapolda Riau akan dijabat oleh Irjen Mohammad Iqbal yang sebelumnya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

5. Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal dimutasi dan diangkat dalam jabatan baru menjadi Kapolda Riau.

Adapun posisi Kapolda NTB yang lowong akan digantikan oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

6. Kapolda Kalbar Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto dimutasi dari jabatannya menjadi Kepala Divisi Hukum Polri.

Adapun penggantinya akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

7. Kapolda Bengkulu Irjen Guntur Setyanto dimutasi dari jabatannya menjadi Perwira Tinggi Bareskrim Polri dalam rangka memasuki usia pensiun.

Posisi Kapolda Bengkulu kemudian digantikan oleh Irjen Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Irwasum Polri. (ahr)

Check Also

Kapolri Dilantik Jadi Ketua Umum PB ISSI

Kapolri Dilantik Jadi Ketua Umum PB ISSI

Jakarta — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan …

Kapolri dan Panglima TNI ke Solo Tinjau Vaksinasi

Jateng, Solo — Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *