Asnawi Mangkualam Bahar, Wakil Kapten Timnas Indonesia. (doc. PSSI)

Asnawi, Sang Wakil Kapten Berusia 22 Tahun

Jakarta – Asnawi Mangkualam berstatus sebagai wakil kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Jadi ketika Evan Dimas Darmono tidak tampil sebagai starter, pemain berusia 22 tahun ini otomatis mengambil tanggung jawab di lapangan.

Dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B melawan Vietnam dan Malaysia, Asnawi Mangkualam diberi ban kapten oleh pelatih Shin Tae-yong. Sebab, Evan Dimas baru dimainkan di babak kedua.

Jabatan Asnawi sebagai wakil kapten tak lepas dari pengalamannya. Di usia yang masih muda, ia sudah sering dipanggil ke Timnas Indonesia, baik kelompok umur maupun senior.

Pengalaman Asnawi bermain di luar negeri juga sepertinya menjadi pertimbangan Shin Tae-yong. Sejak akhir Januari 2021 hingga sekarang, pemain kelahiran Makassar itu memperkuat klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners FC.

Nilai plus lain yang dimiliki Asnawi adalah sangat dipercaya oleh Shin Tae-yong. Terbukti, ia tidak pernah absen dimainkan dalam empat laga Timnas Indonesia pada fase Grup B, dan selalu diturunkan sebagai starter.

Berikut ulasan dua momen pertandingan Asnawi menjadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Termasuk pengaruhnya dalam permainan dan memimpin Pratama Arhan dan kawan-kawan. (ahr)

BACA JUGA  Pratama Arhan Jadi Pemain Muda Terbaik Se-Asia Tenggara

Check Also

Pratama Arhan Jadi Pemain Muda Terbaik Se-Asia Tenggara

Beritapantura.net — Pratama Arhan kembali membanggakan Indonesia di kancah Internasional setelah berhasil menyabet gelar pemain …

Selamat Ulang Tahun Pratama Arhan

Blora – Pratama Arhan genap berusia 20 tahun pada hari ini, Selasa 21 Desember 2021. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *