700 Personel Gabungan di Pati Dikerahkan Jelang Natal dan Tahun Baru
Apel Operasi Lilin Candi

700 Personel Gabungan di Pati Dikerahkan Jelang Natal dan Tahun Baru

Pati – Bertempat di halaman Mapolres Pati, Kamis (23/12/2021) pagi, Polres Pati melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2021.

Bupati Pati Haryanto bertindak sebagai instruktur upacara dalam apel tersebut. Sedangkan peserta apel meliputi jajaran Polres Pati, Kodim 0718/Pati, Satpol PP serta Dinas Perhubungan Pati.

Bupati Pati Haryanto juga menyampaikan sambutan dari Kapolri yang menyatakan bahwa operasi lilin candi 2021 ini merupakan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan akhir personel sebelum diterjunkan di lapangan. Khususnya pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2022.

“Untuk pengamanan, dilakukan di tempat-tempat ibadah. Tujuannya ialah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru. Sedangkan tahun baru, di titik-titik yang biasa menjadi pusat keramaian maupun tempat wisata,”kata dia.

Baik personel maupun masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan jelas Haryanto. Terlebih mulai tanggal 24 Desember, dilakukan operasi lilin guna mencegah dan mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan. Mulai dari antisipasi tawuran, kericuhan, dan kemacetan.

“Untuk masyarakat Pati, karena masih di tengah pandemi, maka seyogyanya boleh merayakan Natal namun dengan protokol kesehatan dan menaati peraturan yang ada, Inbup PPKM karena kita masih level 2,” jelas dia.

Begitupun halnya dengan perayaan Tahun Baru, masyarakat diperbolehkan untuk merayakan di rumah bersama keluarga. Sebab terdapat sejumlah titik pusat keramaian yang terpaksa ditutup.

“Melaksanakan ibadah dan merayakannya di rumah bersama keluarga. Sebab ada beberapa titik lokasi yang kita batasi dan kita tutup. Begitupun dengan tempat – tempat wisata,” papar dia.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak kurang lebih 700 personel gabungan mulai dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Pati.

BACA JUGA  Polres Pati Raih Penghargaan Pelayanan SIM dan SKCK Terbaik se-Polda Jateng

“Kita sudah buat dua pos pengaman di perbatasan Pati – Kudus dan di terminal Kembang Joyo Pati. Tentunya dalam bertugas, kita fokus pada kegiatan keagamaan yaitu menjaga keamanan tempat- tempat ibadah bersama stakeholder terkait,” jelas AKBP Tobing.

Demi menciptakan kondusifitas bersama, pihaknya juga melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata meskipun saat ini sedang ditutup. “Demi mencegah persebaran Covid -19, kepada masyarakat khususnya para pendatang agar segera mendatakan dirinya di pos – pos PPKM mikro saat tiba di kampung halaman. Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Kapolda Jateng,” pungkasnya.

(ahr)

Check Also

Pemkab Kediri Larang ASN Bepergian Selama Libur Nataru

Kediri – Kebijakan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono menggenjot vaksinasi menjadikan Kabupaten Kediri masuk PPKM …

Kapolres Pati Minta Anggota Posyan Terminal Kembangjoyo Selalu Waspada

  Pati — Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, S.I.K, M.H, M.Si melakukan pengecekan di Pos …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *