telur ayam
Ilustrasi Telur Ayam

Harga Telur Melambung

Jakarta – Harga telur melambung hingga menyentuh Rp 32 ribu per kilogram (kg). Padahal sebelumnya pedagang menjual telur di harga Rp 26 ribu hingga Rp 27,5 ribu per kg. Kenaikannya pun terjadi dalam waktu singkat.

“Rp 32 ribu naiknya, langsung loncat. Baru hari ini jual Rp 32 ribu tadinya cuma Rp 26 ribu, langsung naik ke Rp 32 ribu,” kata pedagang telur, Kiki di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

Dia tidak tahu penyebab harga telur melambung tinggi, yang dia tahu dari agennya memang sudah mahal alias terjadi kenaikan. Tidak diketahui apakah saat Natal dan Tahun Baru nanti harga akan kembali melonjak.

“saya belum tahu karena kalau telur susah, kadang-kadang naik kadang-kadang turun, nggak bisa diprediksi,” tambahnya.

Pedagang lainnya, Elis menjual telur Rp 31 ribu per kg. Dia menuturkan bahwa kemarin harga telur dalam sehari naik sampai 3 kali.

“Bayangin aja saya kemarin ngeteng Rp 27,5 ribu, Rp 28 ribu, hari langsung Rp 31 ribu. Modal hari ini udah Rp 30 ribu lebih,” sebut Elis.

Dia menjelaskan bahwa sekarang agen saja sudah tidak sanggup menyetok telur dalam jumlah banyak. Sebab, harga telur yang sudah terlalu tinggi memberatkan.

Tapi masih ada pedagang yang menjual telur di Rp 29 ribu per kg. Pedagang telur, Nanda mengatakan hari ini dia masih menjual telur di Rp 29 ribu per kg. Itu pun sudah terjadi kenaikan dari sebelumnya Rp 27 ribu sampai Rp 28 ribu.

“Harga telur per kilonya sekarang Rp 29 ribu, sebelumnya paling Rp 27 ribu-Rp 28 ribu. Iya (baru naik hari ini Rp 29 ribu),” tambah dia. (ahr)

BACA JUGA  Polres Pati Evakuasi Ular Pithon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *