Gedung Kementrian Agama RI

Lima Belas Guru Besar Ditetapkan Kemenag RI

 

Beritapantura.net, Jakarta– Kementerian Agama menetapkan 15 guru besar ilmu agama dalam rangkaian acara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama. Hal itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Dilansir dari Replubika,  nama-nama guru besar tersebut ialah, Prof. Dr. Marzukidari UIN Datokrama Palu, Prof. Dr. Ngainun Naimdari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. Taufiqurrahman, M.Ag, M.Humdan Prof. Dr. Salma, M.Ag dari UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd dan Prof. Dr. Nur Ali, M.Pd dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag dari UIN Sumatera Utara.

Selain itu ada Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag, dan Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag dari UIN Sunan Ampel Surabaya; Prof. Dr. Tasman, M.A dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Prof. Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag dari UIN Walisongo Semarang; Prof. Dr. Moh. Asrof Yusuf dari IAIN Kediri; Prof. Kastolani, M.Ag, Ph.D dari IAIN Salatiga; dan Prof. Dr. Ihsan, S.Ag, M.Ag dari IAIN Kudus.

Sebelumnya, penetapan guru besar dilakukan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Penetapan guru besar oleh Menteri Agama diatur dalam Peraturan Menteri Agama No. 7 Tahun 2021 tentang Penilaian Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama yang ditetapkan dan diundangkan sejak 14 April 2021.

Menurut pasal 12 dalam peraturan itu, menteri menetapkan angka kredit jabatan akademik dosen jenjang lektor kepala dan profesor berdasarkan hasil penilaian tim penilai. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani mengemukakan bahwa Kementerian Agama akan menjaga kualitas guru besar dengan mekanisme dan standard mutu yang akuntabel.

BACA JUGA  Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Sabet Emas Pertama Lewat Cabang Batminton

Check Also

Harga Pupuk Mahal Dikeluhkan Petani

Beritapantura.net, Rembang – Para petani mengaku kesulitan mendapatkan pupuk memasuki Masa Tanam (MT) di awal …

Bupati Pati

Bupati Rotasi Beberapa Posisi OPD

Beritapantura.net, Pati–Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, ditindaklanjuti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *