Peduli : Pengelola Lazisnu Foto Bareng Penerima Bantuan Khitah Gratis. (Ahmad Rifa'i / Berita Pantura)
Peduli : Pengelola Lazisnu Foto Bareng Penerima Bantuan Khitah Gratis. (Ahmad Rifa'i / Berita Pantura)

Peduli Sosial, Lazisnu Pucakwangi Buat Program Khitan Gratis

Jateng, Pati – Dalam rangka memberikan bantuan sosial kepada keluarga tak mampu, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati melalui NU Care meluncurkan program khitan gratis. Program tersebut direalisasikan dari hasil kerjasama dengan Rumah Khitan As-Syifa Tegalwero.

Semenjak diluncurkan pada awal tahun ini, program tersebut telah menangani belasan anak untuk dikhitankan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Ketua Lazisnu Pucakwangi Ahmad Rozi menyatakan program khitan gratis telah mendapatkan sambutan baik masyarakat di wilayahnya.

“Tak hanya membebaskan seluruh biaya khitan lengkap dengan obat-obatnya, NU Care juga menyiapkan sarana transportasi. Yakni mobil layanan umat yang lebih dulu kami kelola. Mobil tersebut dibeli dari dana umat yang dihimpun dari donatur yang ada di ranting. Armada kami siap menjemput dari rumahnya untuk dikhitan kemudian diantar pulang kembali,” terang Rozi pada Jumat (25/6) lalu.

Ia mengatakan program tersebut tak akan terlaksana tanpa dukungan dari banyak pihak. Baik para relawan maupun donatur yang menitipkan sumbangan untuk keberlangsungan programnya.

“Biaya khitan anak tidak bisa dibilang sedikit. Belum tentu semua keluarga mampu menanggung saat waktunya anak dikhitankan,” lanjutnya.

Koordinator relawan NU Care Pucakwangi Syaiful Ma’arif menambahkan keluarga calon peserta bisa mendaftarkan diri dengan cara sederhana. Yakni pihak keluarga mendaftarkan diri kepada pengurus ranting NU setempat dengan menyetorkan nama calon peserta, alamat lengkap dan identitas kedua orang tua.

“Kriterianya satu, untuk keluarga tidak mampu. Pengurus ranting yang lebih memahami situasi diwilayahnya. Melalui mereka kita bisa mendapatkan rekomendasi dan informasi tentang keadaan keluarga yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar program bisa berjalan tepat sasaran,” tambahnya.

BACA JUGA  Cari Untung Banyak, Kakak Beradik di Sidoarjo Timbun Tabung Oksigen

Sebab berbeda dengan program khitan massal, peserta yang telah terdaftar dapat memilih hari baik sesuai dengan keinginan keluarga bersangkutan. Maka ia membuka kesempatan tersebut untuk diakses masyarakat secara luas.

Ia menyebut untuk sementara program khitan gratis akan dijalankan selama satu tahun kedepan. Kemudian pihaknya akan melakukan evaluasi terkait efisiensinya dan kondisi pendanaan dari para donatur pendukung. “Kegiatan ini akan dievaluasi lagi nanti setelah satu tahun. Sebab berhubungan dengan prioritas dari manajemen Lazisnu dan juga keterlibatan para dermawan yang ada,” pungkasnya. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *