Covid : Pemandagan Orang Dengan APD Lengkap. (Irfan / Berita Pantura)
Covid : Pemandagan Orang Dengan APD Lengkap. (Irfan / Berita Pantura)

5 Provinsi dengan BOR COVID-19 Capai Lebih dari 80% Termasuk Jawa Tengah!

Jateng, Pati – Ada 5 provinsi di Indonesia yang BOR (Bed Occupancy Rate) di rumah sakit telah mencapai 80 persen lebih. Seperti yang dilaporkan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes dr. Rita Rogayah, kemarin (27/6)

“Untuk seluruh tempat tidur COVID-19 di seluruh provinsi di Indonesia, itu baik isolasi dan ruang isolasi dan intensif, kita lihat memang BOR yang sudah lebih dari 80% itu ada di 5 provinsi: DKI, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Kalau kita melihat pembagian BOR isolasi dan BOR intensif, DKI itu sudah BOR-nya lebih dari 90%. Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, ini juga mendekati 90%. Banten ini sudah 91%. Ini hati-hati. Terutama DKI, ini sudah melonjak sangat tinggi di 93%. Demikian juga dengan BOR tempat tidur intensif. Untuk Banten, Maluku Utara, DKI, dan Jawa Barat ini sudah meningkat di atas 80,” ungkap dr. Rita.

Selain itu, ia juga menyebutkan ketersediaan tempat tidur BOR intensif dan isolasi per wilayah di DKI Jakarta sudah ada di zona merah. Kecuali di kawasan Kepulauan Seribu. Begitu pula wilayah Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, dan juga Jawa Tengah, di kabupaten/kota masih sedikit yang BOR-nya ada di zona kuning.

“Kalau kita lihat di DKI, ini semua sudah zona merah. Kita lihat baik di Jakarta, baik tempat tidur isolasi maupun tempat tidur intensif semua sudah zona merah. Berarti ini DKI betul-betul harus hati-hati dan kita harus meningkatkan setempat tidur isolasi. Yang ICU-nya cukup tinggi itu adalah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat. Untuk BOR isolasi semua sudah merah kecuali Kepulauan Seribu. Banten ini juga hampir semua zonanya merah. Kemudian Jawa Barat. Jadi semua kabupaten/kota di Jawa Barat, hampir semua sudah merah. Kecuali kabupaten/kota Bogor, Banjar, Subang.” tambahnya.

BACA JUGA  Gresik Berhasil Keluar Dari Zona Merah Covid-19

Pada update terbaru, Minggu (27/6), jumlah kasus COVID-19 di Indonesia kembali bertambah bahkan memecahkan rekor. Penambahan kasus virus Corona COVID-19 menjadi 21.342. Total kasus positif mencapai 2.115.304, sembuh 1.850.481, dan meninggal 57.138 jiwa. Kasus aktif tercatat sebanyak 207.685, jumlah spesimen yang diperiksa 98.904, dan suspek sebanyak 129.891 orang. (IN)

Check Also

Kasus Covid-19 Di Cina Meningkat, Sebagian Akses Kota Ditutup

Beijing — Gelombang baru kasus Covid-19 di Provinsi Mongolia dan Provinsi Gansu Cina menyebabkan Otoritas …

Siapkan 320 Ribu Dosis, Polda Jateng Sasar Rumah Ibadah

Jateng, Batang – Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara serentak di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *