FIGUR : Rahmawati Soekarno Putri. (AHMAD/RIFA'I / BERITA PANTURA)
FIGUR : Rahmawati Soekarno Putri. (AHMAD/RIFA'I / BERITA PANTURA)

Putri Soekarno Meninggal Dunia

Jakarta — Rachmawati Soekarno putri meninggal dunia hari ini, Sabtu (3/7/2021). Kabar ini diketahui dari unggahan Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Innalillahi wainnailaihi Raji’un kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden Pertama kita Ir. Soekarno,” kata Sandiaga pada Sabtu (3/7/2021) pagi.

Dilansir dari tirto.id, Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade. Dikatakan Andre, Rachmawati meninggal dunia pukul 06.45 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

Belum diketahui penyebab kematian adik dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri itu. Namun, menurut Andre, Rachmawati sejak Sabtu 26 Juni 2021 menjalani perawatan karena terinfeksi COVID-19.

“Sejak 26 Juni dirawat di RSPAD positif covid,” kata Andre kepada Tirto, Sabtu (3/7/2021).

Rachmawati Soekarnoputri lahir di Jakarta 27 September 1950. Ia meninggalkan dua orang putra yakni Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardhika Putra.

Sepanjang hidup, ia terlibat aktif dalam kegiatan politik. Ia adalah salah satu pendiri Partai Pelopor pada tahun 2002. Pada 2012 ia pindah ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem), tahun 2015, ia diangkat menjadi Wakil Ketua Partai Gerindra, dan sejak tahun 2020 ia menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Pada 2007-2009, di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ia pun menjabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang politik. Saat itu ia menjabat bersama Emil Salim, Syahrir, Ma’ruf Amin, Subur Budhisantoso, Radi A. Gani, dan Adnan Buyung Nasution. (ahr)

BACA JUGA  Liga 2 2021 Usai, Persis Solo Juaranya

Check Also

4 Juli, Hari Lahirnya PNI

SEJARAH – Pada tanggal 4 Juli 1927 Partai  Nasional Indonesia yang kemudian dikenal dengan PNI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *